Berbuat Lebih untuk Sosial

PechaKucha Night Jakarta merayakan hari jadinya yang ke sepuluh untuk berbagi, menghubungkan, dan menginspirasi ide-ide menarik. Selama 1 dekade, PechaKucha Night Jakarta telah mengangkat lebih dari 36 topik, meliputi makanan, musik, fotografi, bahkan politik. Mengawali rangkaian acara PechaKucha Night Jakarta di tahun 2019, kami mengundang para sociopreneur yang sangat menginspirasi. Pada acara PKNJ Volume 37 ‘Make What Matters’: Celebrating Social Entrepreneurship, para pembicara berkesempatan untuk mempresentasikan ide-ide nya dengan format unik PechaKucha, 20×20.

Brian Karno Jan dari Mendekor.com, Vania Santoso dari heySTARTIC, Ravina Binol dari Tjakap.ID, Ayendha Pangesti dari Ashoka Foundation, Andisya Siregar dari Sayurbox, dan Siti Cassandra dari Kebun Kumara berbagi mengenai passion dan pengalaman mereka tentang social entrepreneurship.

Brian bercerita bahwa, “Inspirasi terbesar saya untuk Mendekor adalah membantu para pengrajin furnitur lokal untuk tumbuh besar. Hal yang sangat menantang bagi saya dalam menjalankan bisnis ini, dan ada pertanyaan yang selalu muncul dalam benak adalah bagaimana saya bisa berbuat lebih banyak lagi?” Brian menyadari bahwa sebuah perubahan besar membutuhkan waktu dan merupakan akumulasi dari usaha dan berawal dari langkah kecil.

Vania dari heySTARTIC menyebutkan bahwa ia pertama kali hadir di acara PKNJ tepat satu dekade yang lalu. Seperti banyak orang, Vania tahu ia ingin membuat perubahan dan pada saat itu tetapi tidak tahu caranya. Seiring berjalannya waktu, Vania belajar dari kesalahan dan memberanikan diri untuk membuat perubahan besar.

Andisya Siregar juga berbagi pengalaman setelah bergabung dengan Sayurbox. Ia menyadari betapa pentingnya peran dan kontribusi dari perusahaan sosial untuk masyarakat Indonesia. Salah satunya melalui kemampuan perusahaan untuk menciptakan mata pencaharian yang stabil dengan menghubungkan petani dengan konsumen secara langsung demi mendukung petani Indonesia. Ayendha dari Ashoka dan Ravina dari Tjakap juga membagikan bagaimana organisasi mereka membantu wirausahawan sosial untuk tumbuh dan berkembang.

Hal sama ditemui dengan Sandra dari Kebun Kumara, “Ada banyak masalah di Indonesia, jika kita dapat mengambil langkah kecil untuk menyelesaikan satu masalah kecil terlebih dahulu, maka kita bisa menjadi bangsa yang maju.”

Banyak masalah di Indonesia, khususnya di Jakarta yang masih perlu perhatian masyarakat. Dengan kegigihan dan kerja keras, langkah-langkah kecil dari para inovator muda akhirnya dapat menciptakan sebuah solusi yang berdampak besar. Seperti yang kita saksikan pada acara PKNJ volume 37 ini.

Volume ke37 ini memberi banyak hadirin keberanian untuk berbuat sesuatu yang benar-benar berarti bagi masyarakat. Banyak di antaranya juga yang terinspirasi untuk memulai dan bahkan berkolaborasi untuk menciptakan sesuatu yang lebih besar.

Kami berharap melalui PKNJ, para hadirin akan terus mendapatkan inspirasi dengan melalui seni komunikasi yang singkat dan efektif. Sampai jumpa di PKNJ volume 38!

Author: dionisiaoni

A food lover

Leave a comment