Pecha Kucha Night Jakarta Vol. 24: TECHNOPOLIS

Rezka Aufar

REZKA AUFAR LEONANDYA – Collective Intelligence Agriculture | @rezkaaufar

Rezka Aufar Leonandya (Rezka) adalah Software Engineer dari CI-Agriculture, sebuah startup yang berdedikasi untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Indonesia, dengan mengaplikasikan teknologi big data & machine learning bagi petani lokal. Sejak kuliah, sebagai seorang programmer Rezka sudah memiliki minat yang besar terhadap machine learning dan percaya bahwa bidang tersebut dapat memberikan dampak yang besar bagi kehidupan orang banyak. Bidang tersebut merupakan cabang bidang dari Ilmu Komputer yang berfokus pada pemanfaatan data untuk membentuk sebuah intelligent system. Kini, ia mendedikasikan kemampuannya sebagai seorang programmer untuk membangun intelligent system dari CI-Agriculture. Harapan Rezka berikutnya adalah untuk menjadi seorang pakar di bidang machine learning sehingga dapat memberikan kontribusi yang signfikan bagi Indonesia.

Razi Thalib

RAZI THALIB – Founder Setipe.com | @razithalib

Founder dan CEO Setipe.com, biro jodoh online yang menggunakan teknologi untuk meningkatkan  kemungkinan pengguna untuk menemukan si “dia”. Razi sudah berkecimpung lebih dari 10 tahun di
industri digital media baik di dalam maupun luar negeri, dimana ia membantu mengembangkan serta memasarkan produk-produk online. Di luar profesinya, Razi mencintai dunia pendidikan non sekolah dan memiliki minat yang tinggi terhadap sejarah, agama, serta titik-titik temu ilmu sains dan pengetahuan gaib.

Irzan Raditya

 

IRZAN RADITYA – CEO and Co-founder YesBossNow.com | @irzanraditya

Diperkuat dengan latar belakang teknis yang kuat dan keterampilan berwirausaha yang beragam, Irzan Raditya adalah seorang konseptor akan ide-ide mutakhir. Setelah lulus dari HTW Berlin University of Applied Sciences jurusan Engineering dan Economics pada tahun 2012, Irzan telah bekerja dengan beberapa perusahaan startup terkenal di Eropa, seperti Zalando dan Takeaway.com. Irzan percaya pada konsep “a tap for a help“, yang berarti bahwa teknologi ada untuk memudahkan orang dengan kehidupan sehari-hari, oleh karena itu segala yang dilakukannya dengan aplikasi harus bermanfaat bagi orang-orang yang menggunakannya. Sejalan dengan konsep “a tap for a help“, pada bulan Juni 2015 ia meluncurkan YesBossNow.com, asisten layanan pribadi maya pertama di Indonesia, hasil dari kerja kerasnya setelah secara sukses mendapatkan dana dari 500 Startups, IMJ Investment Partners, dan Convergence Ventures.

 Lucky Gani

LUCKY GANI – Business Group Head Windows Microsoft Indonesia | @L4ckyGani

Lucky merupakan lulusan Edith Cowan University di Australia, dengan double major (International Business & Management). Sebelum menjabat sebagai Microsoft Indonesia Windows Business Group Head, Lucky memulai karirnya di 3M Indonesia sebagai Marketing Analyst dan kemudian dipromosikan menjadi Division Head untuk 3 divisi 3M, yaitu Consumer, Pharma Manufacturing Technology, dan Information System.

Di tahun 2015, untuk kedua kalinya Lucky berhasil memenangkan Circle of Excellence, Asia Gold Club member dari Microsoft Asia Pacific. Circle of Excellence, Asia Glod Club merupakan peghargaan yang diberikan khusus bagi karyawan Microsoft yang berprestasi di tingkat Asia. Selain itu, di tahun 2015 ini Lucky juga diakui sebagai Certified Professional Marketer (Asia), sebuah penghargaaan yang diberikan oleh Asia Marketing Foundation dan Indonesia Marketing Association. Kedua pengakuan di tingkat nasional dan internasional ini menambah motivasi Lucky untuk mempersembahkan yang terbaik bagi pelanggan Microsoft, khususnya Windows. Baru-baru ini, Lucky juga berhasil membawa Indonesia menjuarai Overall Winnner #1 Best Practice in Marketing dari Microsoft Corporation Worldwide, Windows Division.

 Iman Usman Photo

IMAN USMAN – Founder RuangGuru.com | @imanusman

Iman Usman adalah Co-Founder dan CEO Ruangguru.com, startup teknologi lokal yang berfokus dalam penyediaan layanan pendidikan dan konten belajar berkualitas di Indonesia. Sebelum mendirikan Ruangguru.com, Iman telah cukup konsisten terlibat dalam memulai berbagai inisiatif yang bergerak dalam bidang pendidikan dan pemberdayaan anak muda, seperti sebagai Co-Founder Indonesian Future Leaders dan Parlemen Muda Indonesia. Lulusan sarjana Hubungan Internasional Universitas Indonesia dan Master jurusan International Education Development dari Columbia University ini telah memperoleh berbagai penghargaan nasional dan internasional untuk hasil kerjanya, termasuk 2011 ASEAN Youth Award, 2011 UN Youth Assembly Recognition on Humanitarian Development, 2011 Global Teen Leader Award, 2010 British Council’s Global Changemaker Award, 2008 Ashoka Young Changemaker Award, dan 2008 Indonesian Young Leader Award dari Presiden Indonesia.

iboy hires

 

IMANZAH NURHIDAYATFounder MakeDoNia Makerspace & Innovation Hub | @meetiboy

Imanzah Nurhidayat adalah seorang perambah design thinking dan strategi inovasi pendidikan untuk ketenagakerjaan serta pengembangan bisnis yang berkelanjutan. Pria yang akrab disapa dengan Iboy ini merupakan Penggagas MakeDoNia Makerspace & Innovation Hub, yaitu tempat berkumpulnya para kreator yang juga menyediakan akses dan peralatan untuk pengembangan produk maupun jasa inovatif di Indonesia. Iboy juga anggota Komite Inisiator Taman Gagasan Anak (TaGA) yang memiliki misi untuk menyusun geostrategi dengan melakukan inovasi sosial terfokus pada masa depan ketenagakerjaan dan kemasyarakatan. Aspirasinya adalah untuk memperlihatkan kepada khalayak ramai bahwa tujuan yang besar dapat berjalan beriringan dengan keuntungan yang tinggi. Sebelumnya Iboy telah lama berkiprah sebagai Konsultan Humas, Produser Musik, Kurator Desain, serta berbisnis konten dan startup di sektor pariwisata.

 

Agus Sampurno

AGUS SAMPURNO – Guru profesional dan kreatif | @GuruKreatif

Menjabat sebagai Kepala sekolah di Ananda Islamic School Jakarta Barat, Agus juga dikenal sebagai penggiat penggunaan media sosial dan teknologi di sekolah. Ia sangat senang berbagi pengetahuan dan telah memiliki pengalaman selama 10 tahun lebih sebagai pendidik di sekolah internasional. Bangga berprofesi sebagai seorang guru di Indonesia dan percaya bahwa guru professional adalah agen perubahan bangsa, Agus aktif menjadi inspiratory bagi rekan sesama guru melalui seminar-seminar maupun pelatihan. Pada tahun 2011 ia dianugerahi Guraru Award (Guru Era Baru Award) dari Acer Indonesia atas kontribusinya terhadap dunia pendidikan.

 

ADRIANO NIRO – Insinyur Dyson

Selama 12 tahun Adriano Niro telah menjadi insinyur di Dyson, sebuah perusahaan teknologi
asal Inggris yang terkenal akan keberhasilannya merevolusi teknologi rumah tangga, misalnya sebagai pencipta “bagless vacuum cleaner” dan “bladeless fan” pertama di dunia. Adriano telah bekerja dengan sejumlah vacuum cleaner, kipas angin dan proyek digital motor Dyson. Karyanya telah membawanya ke Malmesbury, Cina, Malaysia dan Singapura. Pada tahun 2011 ia mendirikan fasilitas penelitian, desain serta pengembangan Dyson di Alexandra Technopark di Singapura; sembari merekrut insinyur serta mengawasi instalasi laboratorium dan lokakarya. Pada 2012, Adriano menjadi kepala motor engineering dan bertanggung jawab untuk mengawasi perkembangan mereka dalam proses manufaktur produk. Baru-baru ini ia juga menjabat sebagai kepala dari engineering untuk kategori produk baru. Adriano saat ini tinggal di Singapura. Dalam waktu luangnya, ia gemar bersepeda sebagai bagian The Specialized Mavericks, tim balap sepeda amatir yang berbasis di Singapura.

Cipluk Carlita (1)

CIPLUK CARLITA – Twitter Indonesia | @CiplukCarlita

Cipluk Carlita memulai karir di industri komunikasi sembilan tahun lalu dengan bergabung di sebuah konsultan komunikasi lokal di Jakarta. Tahun 2011 ia memutuskan untuk pindah ke korporasi dan menjadi PR Specialist di Acer Indonesia. Bekerja di industri teknologi dan informasi (TI) membuatnya mulai belajar banyak mengenai media sosial sebagai salah satu platform komunikasi penting untuk stakeholder engagement dan ini menjadi daya tarik tersendiri baginya. Dinamika pekerjaan yang selalu mampu menawarkan berbagai hal baru untuk dipelajari juga menjadi salah satu faktor penarik yang membuatnya betah berkecimpung di industri tersebut. Perempuan pecinta cappuccino ini bergabung dengan Twitter Indonesia di pertengahan tahun 2015. Di Twitter, ia berkolaborasi dengan tim Sales, Marketing, Partnerships, Business Development serta Public Policy untuk menciptakan dan berbagi beragam cerita yang dapat meningkatkan value Twitter bagi para penggunanya di                                      Indonesia.