Pecha Kucha Night Jakarta Vol. 23: ALTITUDE

Yusuf Budi

YUSUF BUDI – International Virtual Aviation Organization (IVAO) – @IVAO_ID

Berawal dari hobi bermain simulasi penerbangan offline sejak tahun 2000, Yusuf Budi mulai mengenal IVAO di tahun 2009, dan kemudian menjadi member sejak 2010. Sejak mengenal IVAO, dia tidak pernah lagi main simulasi penerbangan offline. Di tahun 2014 ditunjuk sebagai Membership Assistant Coordinator, kini ia dipercaya menjadi IVAO Indonesia Director. Tak hanya aktif di IVAO, Yusuf Budi juga menjadi pendiri Air Asia Virtual Group, sebuah airline virtual yang mensimulasikan operasional armada Air Asia di dunia simulasi penerbangan online.

 

Fahmi Pahlevi 

                   FAHMI PAHLEVI A. – Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) – @id_drone

Lulusan Jurusan Teknik Elektro, UI ini sehari hari bekerja di perusahaan telekomunikasi. Mencari jalan untuk berkontribusi bagi Indonesia, Fahmi terlibat di berbagai kegiatan-kegiatan komunitas, termasuk sempat menjadi pengurus Bike2Work Indonesia, serta turut serta di dalam program Kelas Inspirasi. Bersama para penggiat UAV/drone di tanah air, selama satu tahun terakhir Fahmi membentuk Asosiasi Pilot Drone Indonesia. Asosiasi ini menggabungkan kegiatan profesi dan hobi seputar aerial video, fotografi, serta pemetaan, bertujuan untuk membantu pemerintah memajukan pariwisata Indonesia. Selain itu, tujuan lain yang ingin dicapai adalah untuk memperkenalkan manfaat UAV untuk kemudahan kegiatan sipil di Indonesia. Dengan mengusung semangat untuk berbagi keahlian mengenai seni video dan foto tanpa melupakan etika terbang secara aman dan bermartabat, APDI saat ini memiliki anggota hampir di seluruh kota besar di Indonesia. (www.terbangterus.com).

 

Arif Munandar

ARIF MUNANDAR – Badan Meteorologi, Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) -@infoBMKG

Arif adalah salah seorang prakirawan BMKG. Sejak kecil Arif tinggal di lingkungan penerbangan. Lulusan Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) 2008 ini memulai karirnya di BMKG Hasanuddin Makassar, sebagai pengamat cuaca penerbangan di Stasiun meteorologi Hasanuddin. Dua tahun kemudian, Arif menjadi seorang prakirawan cuaca pada tempat yang sama. Pada awal 2013, Arif mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studinya di Sekolah Pasca Sarjana ITB Bandung pada jurusan Sains Kebumian. Setelah wisuda Maret 2015, Arif memperoleh amanah untuk bertugas di kantor Pusat BMKG sebagai staf Kepala Pusat Penerbangan dan Maritim.

Yusa Cahya Permana

YUSA CAHYA PERMANA – Masyarakat Transportasi Indonesia

Yusa Cahya Permana atau biasa dipanggil Yusa, peneliti dan pengamat transportasi di Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI). Minatnya di bidang Transportasi dimulai ketika kuliah di Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan Universitas Gadjah Mada. Selepas lulus sarjana, Yusa memutuskan untuk memperdalam pendidikan S2 Transportasi di University of Leeds, Inggris. Yusa semakin giat dan aktif menggeluti dunia transportasi, terutama sejak bergabung menjadi anggota organisasi Masyarakat Transportasi Indonesia pada tahun 2013.

Peter dan Andreas Andreas 

PETER NUR ASAN & ANDREAS ARDIAN PRAMADITYA –- Indonesian Scale Modellers Society (ISMS)

Peter Nur Asan adalah seorang arsitek dan pemilik toko model-kit. Memulai hobi ini sejak kelas 3 SD, usahanya untuk membuka toko model-kit di tahun 1998 awalnya kurang mendapat dukungan dari orang tua. Bermodal koleksi pribadi, keyakinan, dan kegigihan, usaha ayah dari dua anak kelahiran 1968 ini sekarang telah menjadi salah satu toko scale modellers terbesar di Indonesia dan dipercaya untuk memegang beberapa merek model-kit terkemuka di dunia.

Andreas Ardian Pramaditya mulai serius menekuni hobi merakit sejak 15 tahun lalu. Pria yang juga hobi menyelam dan mengaku sebagai military enthusiast ini, sehari-harinya bekerja di sebuah perusahaan e-commerce ternama di Indonesia. Andreas sering menjadikan rumahnya di kawasan Serpong sebagai tempat kumpul rekan-rekan sehobi. Dengan koleksi hampir satu ruangan penuh, pria kelahiran tahun 1975 ini terus berusaha memperkaya diri dengan informasi terkini seputar perkembangan dunia model kit disela-sela kesibukannya sehari-hari.

 

 Gerry S 

GERRY SOEJATMAN – Pengamat dan Ahli Aviasi – @GerryS

Minat Gerry dalam dunia aviasi dimulai jauh sebelum usia sekolah. Semangatnya dalam dunia aviasi membuat Gerry menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berbagi pandangan dan wawasan tentang perkembangan dalam penerbangan. Gerry adalah anggota aktif forum Airliners.net, dan juga aktif dalam dua organisasi penggemar aviasi terkemuka di Indonesia, Indoflyer dan IlmuTerbang.

Gerry kerap dimintai pendapat dan dikutip sebagai sumber, perihal tren industri aviasi, keselamatan, maupun kecelakaan pesawat, oleh berbagai media lokal dan internasional. Ia juga pernah tampil di salah satu program National Geographic yakni ‘Air Crash Investigation’ episode “The plane that vanished”.

Jeff Prananda

JEFF PRANANDA – Ikatan Fotografer Aviasi Indonesia

Jeff Prananda berkecimpung di dunia Fotografi sejak tahun 1994, dengan profesi tetap sebagai Photo Director & Photographer di Jenda Corp Production. Spesialisasinya adalah Editorial & Konseptual Fotografi termasuk Aviation (Aerial) Photography. Pada awal 2015, Jeff mendirikan suatu Forum Online yg diberi nama IFAI (Ikatan Fotografer Aviasi Indonesia) yang beranggotakan para Fotografer Aviasi baik yg hanya bersifat hobi maupun profesi, untuk dapat saling berbagi teknik & pengalaman di bidang tersebut. Sejak dua tahun terakhir, Jeff di percaya untuk membuat profil (fotografi) Alutsista TNI AU serta beberapa landasan udaranya. Dari proyek tersebut telah diterbitkan sebuah buku Art Photography Book berjudul “Indonesian Air Force – The Present Generation” yang sekaligus merupakan buku fotografi aviasi milter pertama dan terlengkap yang pernah dibuat di Indonesia.

Dicky Asmoro

DICKY ASMORO – Angkasa Readers Community (ARC) – @arcinc_id

Dicky Asmoro, berkarier di dunia IT Telekomunikasi, sejak SMA gemar membaca majalah teknologi militer seperti TSM (Teknologi dan Strategi Militer). Kemudian mulai rutin membaca majalah Angkasa dan Commando serta buku-buku teknologi aviasi lokal maupun impor. Aktif di komunitas ARC sejak tahun 2007 dan saat ini menggemari fotografi aviasi. Beberapa karya foto telah di muat di majalah Angkasa dan buku-buku produk ARCinc. Karya fotografi lainnya juga bisa dilihat di akun Facebook atau Flickr.com.

A Toos Sanitioso

A. TOOS SANITIOSO – Whitesky Aviation

Antonius Toos Sanitioso memiliki latar belakang pendidikan Teknik Sipil dari Universitas Parahyangan Bandung. Toos, panggilan akrab ayah dua putri ini, mengawali karirnya sebagai pilot ketika ditawari untuk bekerja di perusahaan Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) pada tahun 1980-an. Di IPTN, ia menjabat sebagai Experimental/ Production Test Pilot (Fixed/Rotary Wing). Untuk menambah pengalaman, berbagai pendidikan pun dijalaninya diantaranya dengan menempuh pendidikan di Sierra Academy of Aeronautics di California, Flight Safety Academy di Florida, dan International Test Pilot School di Cranfield, Inggris. Berbekal pendidikan itulah Toos mengabdikan dirinya menjadi segelintir tes pilot yang memegang dua lisensi sekaligus, untuk Rotary Wing helikopter dan Fixed Wing pesawat terbang secara penuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s