Pecha Kucha Night Jakarta Vol.22: GLOBETROTTER

Arian Arifin

ARIAN ARIFIN – Musisi | @aparatmati

Arian Arifin lebih dikenal sebagai Arian13, vokalis kelompok musik Seringai. Lulusan Jurusan Fakultas Seni Rupa dan Desain di Institut Teknologi Bandung ini juga bekerja sebagai ilustrator. Arian sempat terlibat sebagai Art Director merangkap desainer grafis majalah independen Trolley dan Ripple, serta menjadi jurnalis di majalah Trax dan Playboy Indonesia. Saat menjadi jurnalis musik, Arian berkesempatan untuk meliput konser berbagai band/musisi favoritnya mulai dari berbagai pelosok dalam negeri hingga mancanegara, hal yang hingga kini masih menjadi hobi yang ditekuninya.

RIJAL FAHMI MOHAMADI – Travel blogger | @catperku

Fahmi adalah seorang travel blogger dan travel enthusiast. Selain fokus menjadi penulis blog, Fahmi gemar berpetualang tanpa rencana dan menyukai traveling melalui jalur darat. Fahmi juga senang mengeksplorasi cerita human interest, keunikan budaya lokal serta berburu festival budaya di setiap perjalanannya. Cita-cita Fahmi selanjutnya adalah menjadi duta wisata Indonesia. Tulisan perjalanan Fahmi dapat diikuti melaui blognya catperku.com.

Nuri Arunbiarti

NURI ARUNBIARTI – Fotografer | @nurinuriii

Sejak tahun 2010 akhir, Nuri memulai karirnya sebagai fotografer konser untuk media online bernama gigsplay.com. Saat masih kuliah, Nuri suka menjadi relawan di berbagai tempat dan bidang. Setelah wisuda sarjana bulan Agustus tahun 2014, Nuri memutuskan untuk istirahat dari dunia fotografi konser dan mulai traveling ke luar negeri seorang diri. Kemudian Nuri mencoba menggabungkan kegiatan relawan dan traveling dengan menjadi relawan di luar negeri di bidang kepedulian anak (child care). Pada tanggal 19 April 2015, Nuri berangkat ke Nepal sebagai relawan bersama 19 relawan lainnya dari berbagai negara.

Tesya Sophianti

TESYA SOPHIANTI & RENE JAYAPRANA – Family Travel Blogger | @tesyasblog

Tesya adalah seorang istri dan ibu dari dua anak laki-laki berusia 8 dan 6 tahun. Wanita yang memiki hobi jalan-jalan dan menulis ini, ingin mengajak keluarga kecilnya melihat Indonesia dan dunia. Cerita perjalanannya dibagi dalam travel blognya  www.tesyasblog.com, dan  www.tesyaskinderen.com. Blog “kinderen” khusus bercerita tentang perjalanan keluarga. Selain menerbitkan free ebooks melalui blog, Tesya juga sudah mengeluarkan dua buku yaitu Family Backpacking Singapura dan Malaysia (bersama co-writer Olenka Priyadarsani), dan Family Backpacking Hong Kong (bersama co-writer Deasy Herlangga). Sehari-hari, Tesya bekerja sebagai karyawan pabrik motor di daerah Sunter.

Dini Hajarrahmah

DINI HAJARRAHMAH | @dinidreaming @IDWanderlust

Dini (25) adalah Co-Founder dari Wanderlust Indonesia (idwanderlust.com), bisnis sosial yang bergerak di bidang community-based tourism dengan visi menciptakan pengalaman unik dan bertanggungjawab dalam berwisata dengan menghubungkan traveler dan masyarakat lokal di suatu tempat dengan cara menjadi relawan dan terlibat di proyek sosial. Dini menyadari bahwa traveling dan volunteering adalah passion yang ingin ditekuninnya sejak ia berada di bangku kuliah, dimana saat itu ia terpilih mewakili Indonesia untuk Indonesia-Canada Youth Exchange Program 2011-2012. Terhitung sejak 2010, Dini sudah menjelajahi 13 negara seperti Kanada, Amerika Serikat, Perancis, Jerman, Belanda, Italia, India, Vietnam, Kamboja, Laos, Thailand, Malaysia, dan Singapura. Ia pun aktif menjadi host serta mencari host ketika traveling dengan Couchsurfing. Rencananya, tahun ini Dini akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 di Boston University, Faculty of Economic Development & Tourism Management. Dini bisa disapa melalui akun Twitter pribadinya, @dinidreaming, dan situsnya, dinihajarrahmah.com.

Zulfikar Fahd

ZULFIKAR FAHD – Konsultan Kehumasan | @ZulfikarFahd

Pria yang akrab disapa Fikar ini merupakan seorang konsultan komunikasi marketing. Di sela-sela waktunya, ia selalu menyempatkan diri untuk jalan-jalan ke berbagai pelosok dunia yang belum pernah ia datangi, mulai dari Kamboja, Taiwan, Mesir, Uni Emirat Arab, hingga Polandia. Namun saat bepergian tersebut, ia jarang memesan kamar hotel. Ia biasa menginap di rumah penduduk lokal atau ekspatriat yang tinggal sana, untuk menggali insight lebih dalam mengenai negara yang dikunjunginya itu. Penginapan tersebut selalu ia dapatkan secara gratis. Tak hanya itu, ia juga telah menempuh perjalanan darat di Eropa sepanjang 4.000 kilometer dengan cuma-cuma.

Linda Bungasalu

LINDA RESTY BUNGASALU – Traveler | @lynnbungasalu

Besar di daerah pariwisata Tana Toraja, sejak kecil Linda selalu penasaran dan menatap takjub orang asing yang bermata biru dan berkulit putih. Keinginannya sejak kecil adalah tinggal di negeri orang asing berkulit putih dan bermata biru agar mereka juga menatapnya takjub. Keinginan Linda tercapai, akhirnya dia berkesempatan tinggal di Australia selama setahun walau harus meninggalkan pekerjaannya sebagai arsitek di Indonesia. Kegiatan Linda sepulang dari Australia adalah traveling ke beberapa negara dan menulis artikel di majalah nasional.

Kenny Santana

KENNY SANTANA – Founder @KartuPos | @qnoy2k @KartuPos

Kenny meninggalkan pekerjaan tetap yang sudah ditekuninya selama tujuh tahun untuk mewujudkan impiannya berkecimpung di dunia traveling. Kenny terinspirasi dari akun Twitter travel, @KartuPos, yang telah diasuhnya selama 3 tahun terakhir. @KartuPos sekarang telah berkembang ke social media platform lain, termasuk Instagram (@KartuPosInsta) dan situs www.kartupos.co.id. Melalui akun-akun ini, Kenny bukan hanya berbagi cerita perjalanannya, tetapi juga tips-tips, hingga membuatkan paket perjalanan dengan harga terjangkau oleh publik KartuPos. Imbalan yang sangat dirasakan oleh Kenny selama mengurus KartuPos adalah, luasnya jaringan pertemanan yang ia miliki, serta waktu fleksibel yang dapat diaturnya sendiri. Namun yang paling berarti bagi Kenny, ia mendapatkan kehidupan yang baru, yaitu dari dan untuk traveling.

Astrid Reza

ASTRID REZA – Penulis | @taleaboutnomad

Astrid Reza adalah seorang nomaden, penulis dan seorang ibu. Dibesarkan dalam kultur keluarga yang beragam membuat hidupnya terbiasa dengan perjalanan. Berlatar belakang pendidikan sejarah dan memiliki pengalaman 15 tahun dalam pekerjaan non-profit, sastra-seni-budaya, juga advokasi isu-isu sosial di Indonesia. Selain itu Astrid juga merupakan salah satu inisiator Permablitz Yogya, sebuah gerakan membuat kebun pangan di wilayah urban di Yogyakarta yang bertujuan menguatkan kesadaran akan pangan sehat dan isu ketahanan pangan di Indonesia. Sejak tahun 2012 Astrid mulai melakukan perjalanan ke wilayah Asia Selatan (India-Nepal-Tibet), dan meneruskan kebiasaannya sebagai pejalan spiritual yang dimulainya di Jawa-Bali sejak awal usia 20-an, hingga ke bawah kaki-kaki Himalaya. Ia juga hobi memasak, meramu dan tertarik dengan pengobatan alami yang dipelajarinya dari berbagai tempat. Catatan perjalanan Astrid bisa dibaca di www.taleaboutnomad.com. Dokumentasi perjalanan dapat juga dilihat melalui akun Instagram, @taleaboutnomad.


Giri Prasetyo

GIRI PRASETYO – Travel Videographer | @giri_prasetyo

Giri Prasetyo selalu mencintai segala bentuk perjalanan \karena lelaki kelahiran Gresik ini terbiasa hidup berpindah-pindah sejak kecil. Pengalaman ini menumbuhkan kesenangan Giri terhadap dunia fotografi. Karena hidup adalah soal berkembang, Giri kemudian tertarik untuk belajar dunia visual yang bergerak, yaitu videografi. Semula, ia menganggap videografi adalah hobi semata, sama seperti fotografi. Sampai di suatu titik, Giri memutuskan untuk menjadikan videografi sebagai profesi. Profesi ini kemudian mengharuskannya untuk traveling keliling Indonesia, bahkan keliling dunia; dari Sumatra ke Papua, dari Australia sampai ke Italia. Giri, yang kini tinggal di Jakarta, produktif menghasilkan karya video, mulai dari iklan komersial, dokumenter, sampai film. Tidak hanya menjadi videografer, Giri kerap menjadi editor, sinematografer, sampai sutradara. Keinginannya sederhana saja, ingin tetap produktif dan menghasilkan karya bagus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s