Pecha Kucha Night Jakarta Vol.20: FASHION NATION

MKLAV

 VERONIKA TANUKUSUMA – MKLAV Fashion Incubator | @MKLAV_ID

Moda Kreasi Laras Visi (MKLAV) mulai beroperasi pada tahun 2012 dan resmi menjadi perusahaan pada tahun 2013. MKLAV merupakan hasil semangat dan visi tiga perancang busana Cyntia Gading, Emily Yoshigoe Wijaya, dan Veronika Tanukusuma. Fokus MKLAV adakah sebagai Creative Fashion Consultant, yang menerima personalised order baik untuk perorangan maupun kolektif. MKLAV memiliki 2 merek; Veronique & Emilie, dan Klaus & CO, yang masing-masing merepresentasikan segmentasi pasar mereka. Bertujuan untuk ikut mengangkat nama Indonesia di pasar global, MKLAV mendukung kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan fesyen dengan cara mengadakan kursus, seminar, workshop, bimbingan, maupun konsultasi fesyen.

Herdiana Surachman

 

HERDIANA SURACHMAN – Fashion/Lifestyle Blogger | @HerdianaHS @deluxshionist

Pria yang akrab dipanggil Herdi ini memulai karirnya sebagai penulis fesyen dan gaya hidup ketika bergabung dengan salah satu majalah fesyen pria di Indonesia pada tahun 2010, tahun yang sama dimana Herdi mulai aktif menulis untuk blog pribadinya, www.deluxshionist.com. Kini, blog tersebut telah dikunjungi lebih dari 2 juta pembaca dari seluruh dunia, dan membuka pintu kesempatan bagi Herdi untuk bekerjasama dengan online retailer terbesar di Inggris seperti Mr.Porter, dan East Dane. Kerjasama ini terus berkembang dengan beberapa start-up brand dari New York, Swedia, dan Turki, yang melakukan online campaign melalui blog pribadinya tersebut. Beberapa hasil tulisannya pun kerap dipublikasikan ulang di kolom kontributor situs Details Magazine, salah satu majalah gaya hidup pria terbesar di Amerika Serikat.

Paramita Caesara

 PARAMITA CAESARA – Fashion Visual Merchandiser | @LittleCaesara

Menata gaya sudah menjadi kegemaran Caesara sejak kecil. Kegemaran ini pun yang akhirnya ditekuni Caesara sebagai profesi ketika ia bergabung dengan sebuah majalah lokal sebagai penata gaya selama empat tahun, hingga akhirnya ia mendapatkan kesempatan untuk mendalami dunia fesyen lebih lanjut. Ia bergabung dengan sebuah Department Store nasional, dimana untuk pertama kalinya Caesara belajar mengenai visual merchandising, yang kini menjadi profesi yang ditekuninya dengan sepenuh hati untuk H&M Indonesia.

Sylvester Suwandi

 

SYLVESTER SUWANDI – Winner GoAhead Challenge 2014 | @Sylvesterbass

Stephanus Sylvester Suwandy atau yang kerap disapa Sylvester ini, lahir di Palembang, 16 April 1994. Pada bulan Juni 2014 lalu Sylvester menyelesaikan Sekolahnya Di Esmod Jakarta, bidang Fashion Design & Pattern Drafting. Awal tahun 2014, Sylvester mendirikan “BASS” dengan koleksi pertama berjudul “Van Vogue”, yang berarti Of style. Baru-baru ini ia terpilih sebagai pemenang kompetisi “Go Ahead Challenge” 2014 yang diadakan oleh Sampoerna A Mild, dimana ia mendapatkan pengalaman tingkat internasional bersama tim Tex Saverio di Paris, Perancis. Dengan dimentori oleh Faye Liu, Fashion Director Tex Saverio, Sylvester ikut terlibat dan membantu proses pemotretan katalog, casting, hingga Fashion Presentation Tex Tex Saverio di Paris Fashion Week 2014.

Ucita Pohan

UCITA POHAN – Curvy Fashion Enthusiast | @uchiet 

Ucita Pohan adalah seorang penyiar radio, MC, dan kolumnis yang kerap kali menuangkan kecintaannya terhadap fashion beauty melalui majalah, media sosial, serta blog pribadinya; www.ucitapohan.com. Kini Ucita menjadi penyiar di Cosmopolitan FM Jakarta sebagai host talk show The Fun Fearless Female Profile.

Yukka Harlanda

YUKKA HARLANDA – Co-Founder Brodo Footwear | @yukkaharlanda @brodofootwear

Muhammad Yukka Harlanda adalah Co-Founder Brodo Footwear. Bersama teman kuliahnya, Uta, Yukka mendirikan Brodo pada tahun 2010 ketika mereka masih berada di tingkat tiga Fakultas Teknik Sipil, ITB. Ide ini berawal dari kesulitan Yukka mencari sepatu ukuran 46 yang memiliki desain bagus dengan harga terjangkau. Berbekal pengetahuan dan pengalaman nol di bidang fesyen, Yukka dan Uta mendirikan sebuah merek dengan menggunakan perspektif dan pendekatan engineering. Dalam proses produksinya, Brodo menggunakan data dan teknologi yang dipadukan dengan pemanfaatan internet sebagai saluran distribusi utama. Yukka berpendapat, menjalankan fashion brand sudah tidak lagi bisa dilakukan secara tradisional seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, penggunaan internet dan smartphone, yang juga berpengaruh terhadap perilaku konsumen.

Jenahara Nasution

JENAHARA NASUTION – Fashion Designer  | @jenahara

Jenahara Nasution atau yang biasa disapa Jehan, adalah seorang Muslim Fashion Designer yang memulai karirnya 3 tahun yang lalu. Cita-cita ingin menjadi perancang busana sudah diimpikannya sejak kecil yang kemudian ia wujudkan dengan mendalami Fashion Design di Susan Budihardjo Fashion School pada tahun 2004. Jehan juga dikenal sebagai salah satu pendiri dan Ketua Umum Hijabers Community periode 2010-2014. Komunitas ini  lahir dari pemikiran para muslimah yang mengangkat Islamic Movement sebagai wadah untuk mempertemukan para muslimah yang aktif, kreatif dan inspiratif.  Saat ini Jehan tergabung didalam APPMI (Asosiasi Perancang Muda Indonesia) dan Indonesia Fashion Forward, sebuah program binaan Jakarta Fashion Week, Kemenparekraf dan British Council.

Khairiyyah Sari

 KHAIRIYYAH SARI – Fashion Stylist/Writer/Lifestyle Blogger | @sari_kha @styletravelista

Minat Sari bidang fashion dan beauty tersalurkan sebagai Fashion & Beauty Editor di majalah wanita ternama di Indonesia selama 7 tahun. Sari juga sempat menempuh studi bidang Fashion Styling di Fashion Institute of Technology, New York. Saat ini, Sari bekerja sebagai Style Consultant bagi orang asing hingga selebriti. Ia juga mengelola situs panduan gaya saat traveling, http://thestyletravelista.com/, yang tak hanya mengulas mengenai what to pack dan what to wear, namun juga what to see di tempat tujuan.

Max Suriaganda

MAX SURIAGANDA – Fashion Design Lecturer, Chief Editor Whiteboard Journal

Studinya tentang desain grafis, seni, dan fesyen, membawanya mendapatkan tempat di Staple Desain New York dan di John Varvatos. Max adalah pendiri kreatif lembaga Studio 1212, toko ritel online Footurama, clothing line anak-anak Cereal Nation, majalah web Whiteboard Journal, serta dosen desain grafis dan Fashion Design di Universitas Pelita Harapan selama 4 tahun terakhir.

Flora harto

FLORA HARTO – Undergarment Designer  | @worldunseen

Sehari hari lebih dikenal dengan sapaan Flo, tertarik dengan dunia fesyen karena terbiasa ikut sang ibu, perancang busana kenamaan, Kisoon Harto. Pengaruh dan bakat yang diturunkan dari ibu serta didukung keinginan untuk memajukan wanita-wanita Indonesia, membuat Flo terinspirasi untuk melanjutkan ilmu dibidang “intimate apparel”. Flo percaya bahwa kepercayaan diri seorang wanita berawal dari dalam (dalam hal ini yang dimaksud adalah pakaian dalam). Setelah menyelesaikan kuliah di New York dan bekerja untuk Victoria’s Secret di tahun 2005, Flo memutuskan kembali ke tanah air untuk mengelola perusahaan keluarga, sekaligus mewujudkan minatnya untuk membantu korban kekerasan terhadap wanita.

Afdita Sari

 AFDITA SARI – Fashion PR | @afdita

Dita adalah konsultan kehumasan profesional yang memiliki pengalaman lebih dari enam tahun dengan keahlian di bidang media relations, marketing communication, dan brand communication. Setelah sempat memutuskan untuk bekerja secara independen selama hampir dua tahun, Dita kini bergabung dengan Zalora Indonesia sebagai PR Manager.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s