Pecha Kucha Night Jakarta Vol.18: POTLUCK

Andrian Ishak

ANDRIAN ISHAK (@andrianishak)  – Chef Gastronomi Molekuler, Namaaz Dining | @NamaazDining

Andrian Ishak mulai menekuni panggilannya di bidang memasak sejak beberapa tahun lalu, segera setelah ia memutuskan keluar dari industri musik. Latar belakang pendidikan Andrian di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung turut berperan dalam pengambilan keputusan itu. Kini, gaya memasak ala ‘Bjork’ khas Andrian Ishak sudah menemukan rumahnya di Namaaz Dining, restoran berkonsep fun dining yang ia dirikan sendiri. Andrian menggunakan berbagai teknik sains modern untuk menghasilkan variasi unik dari masakan tradisional Indonesia dan aneka kombinasi masakan unik yang baru. Melalui dapur yang dianggap sebagai laboratorium eksperimennya, Andrian bercita-cita untuk mengangkat masakan Indonesia “hingga ke bulan”.

Roby Bagindo

ROBY BAGINDO (@rbbagindo) – Masak TV | @MasakTV

Nama Roby Bagindo mengudara di Indonesia melalui kampanyenya yang disebut “Digital Aksi”. Kampanye ini didasari semangat menyeberluaskan ilmu pengetahuan dan nilai-nilai positif melalui berbagai media digital. Berawal pada tahun 2002, lulusan Universitas Paramadina jurusan Hubungan Internasional ini mulai mengembangkan BAGindo KPS Productions, sebuah rumah produksi yang berfokus mendukung aktivisme sosial lewat video. Pria kelahiran Balikpapan ini pun semakin aktif mengambil peran sebagai relawan videographer pada Forum Indonesia Muda sejak tahun 2005. Tiga tahun kemudian, Roby merambah produksi video tutorial dan podcast, salah satunya www.masak.tv. Sehari-hari Roby bekerja sebagai produser atau sutradara berbagai video online serta sebagai pembina dan tutor Paramadina Film Society.

Arie Parikesit

 ARIE PARIKESIT (@arieparikesit) – Kelanarasa Culinary Solutions

Arie Parikesit dikenal sebagai salah satu penggiat kuliner ternama Indonesia. Pria yang memiliki hobi memasak dan travelling ini aktif dalam Jalansutra, sebuah komunitas ber-genre senada, sejak tahun 2004. Selain melalui kiprahnya sebagai moderator di komunitas tersebut, Arie juga dikenal dalam kapasitasnya sebagai penulis dan fotografer kuliner. Sejumlah artikel pria kelahiran 5 Desember ini telah dipublikasikan di berbagai media nasional. Dengan bekal belasan tahun di bidang kuliner dan travel, Arie Parikesit pun mendirikan Kelanarasa Culinary Solutions pada tahun 2010. Di Kelanarasa, Arie aktif menjalankan berbagai proyek mulai dari wisata tematis kuliner hingga menjadi konsultan dan pembicara di berbagai kesempatan.

Mulya Sari HadiatiPopy Fitria

MULYA SARI DAN POPY FITRIA – CLUB SANDWICH | @foodstyl1st

Club Sandwich berdiri pada tahun 2009 sebagai kolaborasi Mulya Sari dan Popy Fitria dalam melakoni salah satu profesi langka di dunia, yakni food stylist. Hal ini menjadi sebuah langkah awal yang berbuah manis, mengingat masih terbatasnya pelaku profesi ini. Kini di sela-sela penelitian sejarah kuliner Yogyakarta dan Betawi sebagai tesis 30 Ikon Kuliner Indonesia di S2 Kajian Kuliner Indonesia-STP Trisakti, Sari tetap menyempatkan diri menangani proyek-proyek Club Sandwich. Sementara, Popy yang merupakan alumnus Sastra Jerman UI dan sebuah kursus memasak di Boston rutin berburu properti penataan. Motto mereka ialah “persaingan adalah anugerah, bukan untuk dihindari; demi menginspirasi anak muda Indonesia untuk juga melakoni profesi yang menegangkan tapi sebenarnya asyik ini!”.

Nova Dewi

NOVA DEWI (@novadewi) – Suwe Ora Jamu | @suweorajamu28

Nova Dewi memperoleh gelar sarjananya dalam program studi Marketing dari University of New South Wales, Sydney, Australia. Wanita asal Surabaya ini dulunya akrab dengan merek Jamu Iboe, perusahaan jamu terkenal dari kota yang sama. Kendati lama berkelana di Australia, Nova ternyata masih cinta minum jamu, hingga paham aneka ramuan dan khasiatnya. Kecintaan tersebut terus tumbuh sampai akhirnya membawa Nova untuk membuka Suwe Ora Jamu, sebuah kedai jamu dan kopi bernuansa artistik serta modern. Selain jamu, wanita pecinta pantai ini juga memiliki ketertarikan yang luas dalam berbagai hal mulai dari animal welfare hingga seni teater dan pertunjukan.

Rendy2

 RENDY EGA PRADHANA  – Agritektur | @AGRITEKTUR

Rendy bergabung dengan Agritektur karena tertarik dengan salah satu misi suci Agritektur, “Membuat pertanian Indonesia menjadi keren”. Lulusan Manajemen Komunikasi Universitas Padjajaran ini tertantang untuk mewujudkan pertanian Indonesia yang makmur dan bergelora. Di Agritektur, Rendy mengepalai departemen Marketing.

Chef Haryo

HARYO PRAMOE (@chefharyo) – Indonesian Food Channel | @IDFood

Sebagai presenter acara memasak profesional, Chef Haryo memiliki lebih dari tiga belas tahun pengalaman dalam dunia memasak dan manajemen industri dapur. Sejak tahun 2005, pria yang memiliki beragam ketertarikan, mulai dari fotografi hingga surfing ini pun terjun ke dalam dunia penyiaran, khususnya acara masak-memasak. Dengan berbekal gelar pendidikan dari Akademi Pariwisata Trisakti dan Christlijke Hoogeschool Noord Nederland, Chef Haryo pun tak jarang diminta menjadi Food and Beverages Consultant untuk berbagai restoran ternama. Spesialisasi Chef Haryo mencakup keterampilan memasak hidangan Eropa, Asia dan Indonesia.

 Lala Timothy

 SHEILA TIMOTHY (@lalatimothy) – Tabula Rasa Film | @TabulaRasaFilm

Sheila Timothy, atau biasa disapa Lala, menemukan panggilan hidupnya di dunia perfilman sejak tahun 2008. Kiprah Lala di industri film Indonesia diawali dengan debutnya sebagai produser film Pintu Terlarang di bawah bendera LifeLike Pictures, perusahaan yang ia dirikan sendiri. Film pertamanya ini berhasil merebut penghargaan bergengsi ‘Film Terbaik’ dalam Puchon International Fantastic Film Festival 2009, Korea Selatan. Film keduanya, Modus Anomali, juga menuai sukses baik di dalam maupun luar negeri. Lala kini tengah sibuk menggarap karya ketiganya, Tabula Rasa, yang akan tayang di bulan September 2014. Karya ber-genre Food Film” ini bercerita tentang antropologi makanan dan bagaimana makanan dapat menghubungkan orang-orang dari berbagai latar belakang berbeda.

Soya

SOYA YANAGAWA (@syanagawa) – INDONESIAN FOOD BLOGGER | @idfoodblogger

Soya Yanagawa adalah orang yang berada di balik soyavsfood.blogspot.com. Sehari-hari, Soya bekerja sebagai pegawai swasta yang menangani promosi dan advertising di sebuah perusahaan properti. Pria kreatif dan dinamis ini dikenal sebagai orang yang haus akan ilmu dan mempunyai mimpi yang besar. Soya pun kemudian menemukan kegemarannya di dunia kuliner dan memutuskan untuk menjadi seorang food blogger. Pada bulan Juli 2013, Soya bergabung dengan Indonesian Food Blogger dengan harapan dapat berkumpul bersama teman-teman yang memiliki hobi yang sama. Kecintaannya terhadap fotografi juga membuatnya selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik yang layak untuk dipertontonkan. Soya juga sempat menjadi salah satu pembicara di acara Foodtainment di Lotte Shopping Avenue guna berbagi pengalamannya dengan tema “Maximalize Your Smartphone Camera to Make Food Porn”.

Ratna Flink

RATNA SOMANTRI (@ratnasomantri) – Komunitas Pecinta Teh

Ratna Somantri ialah seorang pecinta teh yang ingin membuat lebih banyak orang jatuh cinta dengan teh. Wanita kelahiran Cirebon, 3 November 1978 ini pertama kali mengenal teh dari ibunya yang selalu menghidangkan teh untuk keluarga. Ia semakin tertarik dengan teh ketika sempat mengambil kursus di Le Cordon Bleu, Sydney. Di sana, matanya terbuka akan kayanya keragaman teh di dunia. Karena ketertarikannya yang tinggi, Ratna bahkan pernah belajar tentang teh di beberapa negara. Ia terus belajar tentang teh sampai hari ini karena dirinya percaya bahwa belajar tentang teh tidak akan pernah ada habisnya. Ratna Somantri pun kemudian mendirikan Komunitas Pecinta Teh bersama beberapa rekan pecinta teh lainnya. Saat ini, ia juga dipercaya sebagai Ketua Bidang Promosi Dewan Teh Indonesia periode 2014-2017. Ratna kerap diundang sebagai pembicara dalam berbagai event tentang teh dan senang mengajar lewat kelas-kelas teh di Tea Institute yang sedang dirintisnya bersama beberapa rekan.penulis buku Kisah & Khasiat Teh dan The Story in A Cup of Tea.

 septian

 SEPTIAN SUHANDONO (@septiansuhan)  – Edukasi Gizi | @EdukasiGizi

Septian adalah mahasiswa S1 di Ilmu Gizi institut Pertanian Bogor (IPB). Sehari-hari, ia disibukkan dengan berbagai kegiatan sebagai peneliti di Forum for Scientific Studies IPB dan anggota aktif Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi Indonesia (MITI). Segudang prestasi yang dimilikinya berhasil membawa Septian menjadi salah seorang penerima Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Program Pembinaan Sumber Daya Manusia Strategis Nurul Fikri. Kepedulian Septian yang tinggi terhadap isu gizi melahirkan inisiatifnya untuk mendirikan Edukasi Gizi, sebuah lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang literasi pangan dan gizi. Kiprah Septian pun mendatangkan sejumlah penghargaan di bidang riset, termasuk Juara 1 Lomba Inovasi Teknologi tingkat nasional oleh Pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK) Kementerian Riset dan Teknologi Indonesia. Ia juga aktif menulis di berbagai media cetak dan elektronik, seperti Lampung Post dan Media Indonesia.

Talita Setyadi Profile Picture

 TALITA SETYADI (@talitasetyadi) – Talita’s Kitchen

Setelah lulus dengan gelar Bachelor of Music dari University of Auckland, Talita Setyadi menyadari bahwa dirinya ternyata lebih tertarik pada dunia kuliner. Perempuan kelahiran Jakarta 25 tahun lalu ini kemudian mengambil langkah drastis untuk mempelajari cuisine dan patisserie di Le Cordon Bleu di Paris di mana ia berhasil menjadi lulusan terbaik. Blog yang digarapnya, http://www.talitaskitchen.com, adalah bukti passion Talita dalam menciptakan resep-resep kue dan dessert kreatif. Melalui situs tersebut, ia pun mendapat kehormatan untuk masuk dalam majalah “haute patisserie” terbitan Spanyol “So Good” di mana ia tampil bersama chef-chef terbaik di dunia. Perempuan yang kerap mengajar kelas pastry di Pantry Magic Jakarta ini juga sempat tampil sebagai guest chef dan judge di Junior MasterChef Indonesia yang tayang di RCTI. Beberapa proyek yang ia jalani saat ini termasuk “Real Food Concept” pop up dining, sebuah kolaborasi dengan Chef Arnold Poernomo dan Chef Angela Stasia.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s