Pecha Kucha Jakarta Vol.17: MUSEUM, MAGNIFIED

Aruma Sistha

ARUMA SISTHA (@thesistha) – Art:1 New Museum (Mon Décor) | @Art1NewMuseum

Sistha, seorang mahasiswi yang sedang menyelesaikan  studinya di Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercubuana Jakarta, yang meluangkan waktunya di setiap akhir pekan untuk bekerja paruh waktu di Art:1 New Museum (Mon Décor). Sista percaya bahwa dunia adalah sebuah taman bermain yang sangat luas dan penuh warna.  Selain itu, ia menganggap  bahwa  emosi manusia  serta karya seni adalah  keajaiban alam semesta. Hal itulah yang mendorongnya  untuk bergabung di Art:1 New Museum.

Imron

IMRON, S.Pd. MM. – Museum Joang 45 | @museumjoang45

Imron,  S.Pd.  MM.  menjabat  sebagai  Kepala  UP Museum  Joang  45 sejak  Januari  2012.  Saat  ini, pria kelahiran Jakarta 2 Agustus 1965 ini juga menjabat sebagai wakil ketua Satgas PBB. Pada tahun 2001, ia pernah mendapatkan  Tanda Penghargaan  Pengabdian  15 tahun dari Gubernur Provinsi DKI, dan Tanda Kehormatan  Satyalancana  Karya Satya 20 Tahun dari Presiden RI pada tahun 2007. Hingga kini, ia telah mengabdikan dirinya di bidang permuseuman  selama lebih dari 27 tahun.

Isa Ansyari

MUHAMMAD ISA ANSYARI – Museum Bahari | @museumbahariJKT

Isa adalah  Kepala  Seksi  Koleksi  & Perawatan  UP Museum  Bahari  sejak  tahun  2009.  Terhitung  sejak 1992, ia telah mengabdikan  diri selama  22 tahun bekerja  menangani  koleksi  museummuseum,  antara lain  Tugu  Proklamasi  Monas,  Museum  MH.  Thamrin  dan  Museum  Sejarah  Jakarta.  Sebelumnya,  pria kelahiran   Flores,  15  Mei  1958  ini  juga  mengabdikan   diri  sebagai  guru  Sejarah,  dan  pernah  juga menggeluti profesi sebagai penulis.

Mis ari-5

MIS ARI – Museum Tekstil | @TekstilMuseum

Wanita  kelahiran  Cirebon  18 April 1971 yang akrab disapa  Ari ini, tengah  sibuk menyelesaikan  studi S2 Museologi di Universitas  Padjajaran Bandung.. Kecintaannya  pada budaya batik semakin bertumbuh sejak bergabung  di Museum Tekstil Jakarta sebagai Staf Seksi Edukasi dan Pameran di tahun 1999. Sejak saat saat itu, ia semakin giat dalam mengenalkan  kain tradisional Indonesia kepada masyarakat  luas hingga di tahun 2010 ia diangkat sebagai Kepala Seksi Koleksi dan Perawatan.

Microsoft Word - PK Vol.17 - Profil Pembicara - FIN.doc

JAKA PERBAWA, M.Hum. – Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Jaka Perbawa,  M.Hum. mengawali  karirnya di Museum  Perumusan  Naskah Proklamasi  pada tahun 2008 sebagai Staf Bimbingan Edukasi selepas studinya di Universitas Padjajaran Jatinangor. Setelah 4 tahun masa kerjanya, pria kelahiran Bandung 19 November 1980 ini beralih jabatan sebagai kurator hingga  kini.  Untuk  mendukung   profesinya,   ia  telah  menyelesaikan   program  magister  di  bidang arkeologi  di Universitas  Indonesia  pada tahun 2013. Ia juga mengikuti  berbagai  diklat seperti Diklat Permuseuman  Spesialisasi  Tata Pameran  pada  tahun  2009  dan Diklat  Permuseuman  Spesialisasi Program Museum untuk Publik pada tahun 2010.

Sumardi

SUMARDI, S.Sos. – Museum Wayang

Mendalang   merupakan   hobi  pria  kelahiran   Karanganyar   17  Mei  1967.  Menurutnya   mendalang merupakan   satusatunya   hobi  yang  dapat  ia  lakukan  untuk  melestarikan   dan  mengembangakan pedalangan  dan budaya  wayang..  Tahun  2012  merupakan  awal ia menjabat  sebagai  Kepala  Seksi Koleksi dan Perawatan Unit Pengelola Museum Wayang. Sebelumnya ia bekerja di Dinas Kebudayaan sejak tahun 1992.

M Rizal

R. MOHAMAD RIZAL, S.E. – Museum Prangko Indonesia

Pria  pencinta  motor  ini  memiliki  hobi  bernyanyi  dan  filateli  kreatif.  Hobinya  ini  ia  curahkan  pada profesinya  sebagai  kepala  kantor  Filateli  Jakarta  sekaligus  Kepala  Museum  Prangko  Indonesia. Begitu  cintanya  ia  dengan  dunia  yang  digeluti,  Rizal  juga  sibuk  menjabat  sebagai  Ketua  Umum Komunitas  Filateli  Kreatif  Indonesia,  Ketua  Korwil  IV Ikatan  Motor  Pos Indonesia  dan Wakil Ketua Umum Pengurus Daerah Perkumpulan Filatelis Indonesia DKI Jakarta.

Microsoft Word - PK Vol.17 - Profil Pembicara - FIN.doc

Dr. HARRY DARSONO, PhD – Museum Harry Darsono | @MuseumHDarsono

Lahir   pada   15   Maret   1950,   perancang   ternama   ini   telah   menorehkan   namanya   di  dunia internasional.   Telah  banyak  maha  karya  yang  diciptakannya   dan  meraih  penghargaan.   Salah satunya  adalah  penghargaan  Museum  Award  sebagai  Museum  Terbaik  dalam  penataan  koleksi terbaik dan empat kategori lainnya pada tahun 2012. Pada tahun yang sama pula, Museum Harry Darsono   mendapatkan    penghargaan   Museum   Paling   Unik   dari   Presiden   Portugal.   Selain menggeluti profesi sebagai designer, ia juga aktif dalam kegiatan sosial melalui yayasan yang didirikannya  dan  menjadi  konsultan  untuk  perusahaan  asing,  swasta  nasional  dan  perorangan. Motto  yang  ia  pegang  adalah  serve  with  honour  and  styles,  let  us  grow  like  a  new  big  tree, harmony in disharmony.

Microsoft Word - PK Vol.17 - Profil Pembicara - FIN.doc

GATHUT DWIHASTORO  – Open Air Museum Kota Tua

Gathut Dwihastoro,  pria kelahiran 3 Mei 1964 ini merupakan  Kepala Unit Pengelola  Kawasan Kota Tua  Jakarta  sejak  2010  silam.  Sebelumnya  ia  juga  pernah  menjadi  Kepala  Unit  Pengelola  di beberapa Museum lainnya, seperti Museum Tekstil dan Museum Bahari.

Microsoft Word - PK Vol.17 - Profil Pembicara - FIN.doc

HASTI ADIANI DWIPUTRANTI  – Museum Bank Indonesia | @MuseumBI

Wanita yang akrab disapa Hasti ini, telah menyertai  perjalanan  Museum  BI sejak pertama  dibuka untuk  umum  pada  Desember  2006  yang  lalu. Lulusan  Fakultas  Ekonomi  Manajemen  dan Pasca Sarjana  International  Business  ini memulai  karirnya  sebagai  pengajar  di kota  Bandung  sebelum akhirnya bergabung di Bank Indonesia (BI). Di BI sendiri, Hasti pernah bergabung di beberapa divisi mulai dari SDM, Sistem Pembayaran,   Unit Transformasi,  Sistem Perencanaan,  hingga sekarang di Divisi Pengelolaan  Museum.  Hobi traveling  dan mempelajari  budaya serta sejarah,  menarik  minat Hasti  pada  hal-hal   yang  terkait  dengan   museum,   termasuk   memberikan   pendidikan   tentang museum  kepada anak-anak  melalui pameran  edukasi Museum  BI ke daerah. Hasti mengisi waktu senggangnya dengan membaca novel.

Microsoft Word - PK Vol.17 - Profil Pembicara - FIN.doc

MARIA VIRGORINA RISETYAWATI  – Museum Asmat | @AsmatTMII

Alumni  Fakultas  Sastra  Antropologi  UGM  ini  memulai  karirnya  di  Museum  Indonesia  Taman  Mini Indonesia  Indah sejak tahun 1996. Pada tahun 2009, ia dipercaya  menjadi Kepala Museum  Asmat. Maria juga mengemban  tugas sebagai  Staf Khusus  Museum  Asmat sejak menerima  tawaran  untuk melanjutkan  studi ke jenjang ia mendapatkan  tugas belajar program  Pasca Sarjana di Fakultas  Ilmu Budaya Universitas Indonesia, bidang Arkeologi di tahun 2012.

Microsoft Word - PK Vol.17 - Profil Pembicara - FIN.doc

DIAN ARDIANTO (@warnasoembang) – Museum Basoeki Abdullah

Lulusan Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Jurusan Seni Murni dengan Mayor Seni Lukis ini mengabdikan  dirinya di bidang kesenian  dengan terus menggarap  karyanya  dan aktif di berbagai kegiatan  seni  lukis  di  berbagai  daerah  dari  1999  hingga  kini.  Ia  aktif  di  bidang  permuseuman dengan bergabung di Museum Basoeki Abdullah dari tahun 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s