Pecha Kucha Jakarta Vol. 14: EDU+

Kartum Setiawan – Komunitas Jelajah Budaya

Kartum Setiawan adalah ketua dari Komunitas Jelajah Budaya, komunitas yang peduli pada seni, budaya, bangunan tua serta peninggalan sejarah bangsa. Setelah menempuh pendidikan ilmu sejarah dan museologi/arkeologi, saat ini ia bekerja sebagai peneliti dan konsultan museum di Museum Bank Mandiri. Selain itu, Kartum Setiawan juga seorang penulis buku yang berjudul “Masjid-Masjid Bersejarah di Jakarta” dan “Jejak Sang Naga dari Batavia.”

Indah Nirmalasari – Kandank Jurank Doank 

Kegemarannya menggambar sejak SD hingga kuliah, mengantarkan Indah Nirmalasari bergabung dengan komunitas kreativitas Kandank Jurank Doank. Pada 2008, ia bergabung sebagai sukarelawan hingga menjadi master game dan outbound trainer di komunitas tersebut. Pada 2012, Indah Nirmalasari juga pernah menjadi asisten dosen dan mengajar di jurusan desain grafis Universitas Mercu Buana untuk mata kuliah studio desain dan estetika bentuk. Karena kepeduliannya pada pendidikan kreativitas di kalangan anak-anak dan remaja, hingga saat ini ia aktif dalam dunia pendidikan di Kandank Jurank Doank dan  ekstrakulikuler kreativitas di Madrasah Ibtidaiyah Assa’adah.

Keluarga Dondi & Ligwina Hananto 

Dondi Hananto merupakan pendiri Kinara Indonesia, wujudkan.com, dan Comma Indonesia. Istrinya Ligwina Hananto, merupakan pendiri QM Financial, perusahaan perencana keuangan independen. Bersama istri dan anak-anaknya, Azra dan Dena, ia akan berbagi mengenai bagaimana mengelola uang sejak dini.

Dimas Muharam – Kartunet.com

Dimas Prasetyo Muharam, S.Hum adalah pimpinan redaksi dan salah satu pendiri dari Kartunet.com, media warga pertama di Indonesia yang punya perhatian pada isu disabilitas. Berjalan sejak Januari 2006, www.kartunet.com mengemas informasi secara inspiratif dalam berbagai rubrik dari mulai berita, gaya hidup, hingga hiburan. Info mengenai disabilitas disajikan untuk menambah wawasan dan kepedulian pada sesama.

Lendi Andita – Yayasan Sejiwa

Lendi Andita adalah salah seorang Program Officer di Yayasan Semai Jiwa Amini (SEJIWA) dan telah menyelesaikan studinya di Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP UI. Saat ini, ia merupakan salah seorang staf di Yayasan SEJIWA yang aktif di dalam mengampanyekan gerakan antibullying dengan melakukan seminar atau training ke sekolah-sekolah di Indonesia, serta turut serta di dalam pertemuan-pertemuan dengan para penggiat HAM yang ada di Indonesia.

Furiyanti – Permata Bank

Furiyanti bekerja di Permata Bank sebagai Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) sejak Oktober 2002. Salah satu tugas utamanya adalah untuk meningkatkan pengenalan tentang berbagai program CSR PermataBank pada publik. Salah satunya adalah FITS (Financial Literacy Through Sports).

Hilman Al Madani – Yayasan Kita & Buah Hati

Hilman Al Madani merupakan lulusan fakultas psikologi UIN Jakarta, dan saat ini sedang menyelesaikan tesisnya di fakultas psikologi Universitas Tarumanagara. Selain sebagai staf pengajar di Universitas Muhammadiyah Jakarta dan konsultan psikologi SMPIT Al Mughni Gatot Subroto, ia juga aktif sebagai konselor remaja dan trainer di Yayasan Kita dan Buah Hati. Saat ini, selain menulis beberapa buku, ia juga menyukai menyanyi untuk mengisi waktu senggangnya.

Gita Syahrani – SiDalang Project

Gita Syahrani adalah seorang corporate lawyer yang mengkhususkan diri di bidang lingkungan hidup dan perubahan iklim baik untuk pemerintah maupun swasta sejak tahun 2007. Tentang keterlibatannya dengan SiDalang, Gita adalah salah satu pendiri dari Tunas Nusa Foundation yang saat ini bertanggung jawab untuk kegiatan yayasan di Jakarta. Berangkat dari fokus pendidikan dan lingkungan yang dimiliki Tunas Nusa Foundation, Gita mencoba menyentuh masalah persampahan di Jakarta melalui SiDalang (Kreasi Daur Ulang) Project yang bertujuan melatih berbagai komunitas untuk dapat mengolah sampah menjadi komoditas kerajinan siap jual bersama dengan tim relawan dan komunitas mitra.

Dirgayuza Setiawan – Idenesia

Pemuda kelahiran Jakarta, 15 Mei 1989 ini adalah seorang mahasiswa lulusan S1 Media Communications di Melbourne University yang juga menyandang profesi sebagai penulis serta seorang technologist. Dirgayuza yang menjabat sebagai Wakil Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Australia tahun 2010-2011, sempat mengoordinir beberapa anggota PPI untuk belajar menuangkan gagasan dan pemikiran mereka lewat film. Dirgayuza bersama tiga teman lainnya membentuk http://www.idenesia.com yang merupakan akronim Ide untuk Indonesia pada November 2011. Saat ini, Mei 2013 – jumlah anggota komunitas Idenesia yang terdaftar di Facebook sudah lebih dari 20.000 orang.

Poppy Barkah – Sense for Money

Poppy Barkah dan beberapa teman berinisiatif mendirikan Sense For Money, yaitu organisasi yang percaya bahwa pendidikan keuangan dibutuhkan oleh setiap orang di semua umur. Mereka memperkenalkan belajar mengenai perencanaan keuangan melalui permainan yang mendidik, inovatif sekaligus interaktif.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s