Pecha Kucha Jakarta Vol. 11: ArtfullYours

Yasser Rizky – Typography

Yasser Rizky mulai mengembangkan rasa ketertarikannya pada dunia grafik desain sejak tahun 2001. Kini, selain berperan sebagai dosen pembimbing di Universitas Bina Nusantara, Yasser juga tengah sibuk menyelenggarakan seminar di berbagai bidang seni, yakni desain grafis, tipografi, visual, dan branding.

Pada tahun 2009, Yasser pernah bekerja sama dengan desainer legendaris asal Austria, Stefan Sagmeister di Sagmeister Inc’s Experimental Outcamp. Kecintaan Yasser terhadap deasin dapat telihat dari kegemarannya dalam mendesain berbagai objek yang ada di sekitarnya dalam kehidupan sehari-hari.

Aprianto Pinarso – Nirmana Awards

Aprianto Pinarso merupakan executive director dari Nirmana Awards.

Enrico – Patungan.net

Setelah menyelesaikan pendidikan doemal desain grafis di tahun 1993, Enrico mulai aktif dalam mengelola lembaga non-profit, Aikon.org di tahun 2004. Paralel dengan itu, Enrico juga mengajar di Fakultas Seni Rupa dan Desain di Universitas Tarumanegara, serta sempat bekerja di biro desain grafis yang melayani perusahaan komersial maupun lembaga non-profit dunia.

Pada bulan November 2011, Enrico menggiatkan sebuah program bersama Grafisosial bertajuk Revitalisasi Bemo di kawasan Karet, Jakarta. Sampai sekarang, Enrico masih aktif dalam mengelola Aikon.org, terutama program-nya yang terkini, yakni Patungan.net.

Ari Ekotama – Kopi Keliling

Ari Ekotama Firdaus adalah pendiri dari Ruang Kinarya Ariekotama (www.ariekotama.com), yakni merupakan suatu adversiting creative consumtancy yang  telah terdiri sejak tahun 2005. Mengenai keikutsertaannya di Kopi Keliling, awalnya Ari merupakan silent-partner dari Raymond Malvin (co-founder Kopi Keliling). Namun, kini bersama dengan Raymond dan beberapa rekan lainnya, Ari turut berperan aktif menjadi produser pelaksana untuk setiap gelaran acara Kopi Keliling dan Kopi Keliling’s Art Market.

Beng Rahardian – Akademi Samali

Lahir di Cirebon, dan besar di Bandung, Beng Rahardian mengaku bahwa ia telah menggemari komik sejak kecil. Kini, ia menjadikan komik sebagai medium untuk berekspresi, dan bahkan ia juga berhasil menjadikan hobinya ini sebagai profesi. Hingga saat ini, Beng berperan sebagai kontributor komik strip di Koran Tempo Minggu, dan editor komik di Penerbit Cendana Art Media.  Sejak tahun 2005, Beng mendirikan Akademi Samali, sebuah komunitas belajar komik yang masih ia kembangkan hingga saat ini. Beng menerbitkan komik pertama kali di penerbitan tahun 2004, dan kini sedang menyelesaikan projek komik tentang Kopi Nusantara.

Haryadhi – Desain (2D Animation)

Haryadhi merupakan seorang digital artist lulusan Jurnalistik Universitas Budi Luhur yang kini tengah menekuni berbagai bidang kreatif, seperti komik, desain t-shirt, painting background, sampai animasi 2D. Berbagai karya komiknya dapat dinikmati melalui posting-nya di http://www.facebook.com/kostumkomik.

Aria Rajasa – Gantibaju.net

Aria Rajasa adalah seorang pengusaha yang sangat antusias terhadap desain, casual fashion, dan industri digital. Aria memulai usahanya ketika ia masih berusia 22 tahun, dimana pada saat itu usahanya masih terfokus pada pelayanan industri digital, teknologi website, dan strategi online campaign. Kini, Aria tengah mengembangkan usahanya ke arah industri fashion, dengan nama yang cukup unik, yakni Gantibaju.com.

Andi Rharharha – Street Art

Andi Riyanto yang juga akrab disapa Andi RHARHARHA merupakan lulusan dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ) tahun 2001. Bermula sebagai project officer pada acara “Modance” Dance Competition & Bands di IKJ pada tahun 2003, Andi kemudian mulai aktif melibatkan diri dalam berbagai macam pameran lainnya, diantaranya: sebagai founder dari “Tribute to Ali Sadikin” dan “Jakarta Street Art United”, kurator dari sebuah pameran solo “The POPO”, dan pameran lainnya yang bertajuk “MellowdramaMagenta.” Kini, Andi tengah sibuk mengelola organisasi yang ia dirikan, yakni RESPECTA street art gallery dan SakitkuningCollectivo, serta turut berperan sebagai director di Indonesian Street Art Database (ISAD).

Ziad Risqi Sofyan – ZiGNLAB

Ziad merupakan lulusan Western Connecticut State University, Amerika Serikat tahun 2007 dengan gelar Bachelor of Visual Arts in Graphic Design. Lima tahun di negara bagian Connecticut, yakni sejak tahun 2002, Ziad telah mencicipi berbagai pengalaman seputar desain dan industri kreatif.

Tahun 2008, Ziad kemudian beralih ke negara bagian New York, dan bergabung dengan Point C Studio, dimana ia kemudian dipercaya untuk memimpin sebuah tim desain sebagai Senior Art Director. Dua tahun kemudian, Ziad memutuskan untuk fokus pada usahanya sendiri, yang ia dirikan pada tahun 2006 di New York dan Jakarta, bernama ZiGNLAB. Melalui ZiGNLAB yang fokus pada standar desain dan typhography, Ziad mampu memberikan solusi dalam bentuk brand development, packaging, photography, online strategy solutions, dan lainnya.

Firman Machda – Motion By Design 3D

Setelah lulus dari Newport School of Art and Design, pria kelahiran Bandung ini kemudian bekerja sebagai motion designer/director. Karyanya telah banyak ditampilkan di berbagai majalah dan festival bertaraf internasional seperti Stash, Computer Arts, Edinburgh Interntional Film Festival (Trailblazers Award 2008), dan Ffresh Film Festival. Kini, Firman Machda tengah sibuk bekerja di Furyco (www.furyco.com) sebagai designer/director dan di Lostinspace (www.lostinspace.com) sebagai designer dan video director.

Chris Lie – Caravan Studio

Lulus dari Savannah College of Art and Design pada tahun 2005 dengan gelar master dalam bidang Sequential Art, Chris Lie kini tengah sibuk mengelola Caravan Studio, yang didirikan pada Januari 2008.

Chris Lie telah berpengalaman dalam berkarya di berbagai buku komik, cover art, mainan, dan desain konsep. Sejumlah karya Chris yang menarik, diantaranya: desain komik dan mainan untuk ‘GI Joe Sigma6’, desain karakter untuk ‘Marvel Ultimate Alliance 2’ dan ‘Magic the Gathering Tactics’, serta inside cover dari ‘Street Fighter IV XBOX360’. Selain itu, Chris juga sempat menggarap grafik dari novel seri berjudul ‘Return to Labyrinth’ yang pernah menduduki peringkat #4 sebagai best-seller manga di New York Times.

Wedha Abdul Rasyid – WPAP

Wedha yang merupakan seorang seniman asal Cirebon memulai kecintaannya pada dunia seni secara otodidak. Namun, ia kemudian memutuskan untuk menjadi perupa professional di tahun 1972, dan akhirnya bergabung sebagai illustrator dan desainer di Kompas Gramedia pada tahun 1977. Wedha juga sempat menulis buku, yang berjudul WEDHA & WPAP yang kemudian diterbitkan oleh Elex Media Komputindo di tahun 2010.

Beberapa penghargaan juga pernah diraihnya, antara lain Sertifikat dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN) atas penemuan WPAP di tahun 2008, Anugerah Smartharupa dari Bina Nusantara University di tahun 2010, dan Lifetime Achievment dari UMN di tahun 2011.

Rizky Ramadhan – Card to Post

“Card to Post” – yang terdengar hampir sama dengan “kartu pos” – adalah sebuah gerakan online yang mengajak siapapun untuk membuat dan berkirim kartu pos. Project ini pertama kali dirilis ada 17 November 2011. Selain bergerak lewat website cardtopost.blogspot.com, Card to Post juga memiliki kegiatan di ranah offline, yakni menyelenggarakan workshop ‘membuat kartu pos bersama’.

– Let’s make a card to post the words unsaid –

Darbotz – Street Artist Graffiti

Darbotz mulai menorehkan karyanya di jalanan sekitar ibukota Jakarta pada tahun 2004. Mengaku terinspirasi oleh budaya HipHop dari Wu Tang Clan, NWA, dan A Tribe Called Quest, Darbotz mampu mengekspresikan dirinya di tengah situasi urban kota Jakarta.

Karya Darbotz memiliki keunikan tersendiri karena ia hanya menggunakan warna hitam putih dan sedikit torehan aksen. Hal ini kemudian menarik perhatian perusahaan kelas dunia seperti Google Chrome dan Nike, yang pernah mengajak Darbotz untuk berkolaborasi melalui karyanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s