Photo credit: @atamerica

[EVENT REPORT] Pecha Kucha Night Jakarta Vol.24 Technopolis

“Technology brings us closer together” – Cipluk Carlita, Twitter Indonesia

Menutup tahun 2015 lalu, Pecha Kucha hadir untuk keempat kalinya dengan edisi ke-24 yang bertemakan Technopolis pada 10 Desember 2015. Bertempat di @america Pacific Place, SCBD, Jakarta Selatan, acara ini kembali diselenggarakan oleh Maverick selaku pemegang lisensi resmi Pecha Kucha Night di Jakarta. Kesembilan pembicara yang hadir
membagikan ilmu serta cerita unik mereka akan penggunaan teknologi informasi untuk mempermudah kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari.

Sebagai pembuka Pecha Kucha Night Jakarta kali ini, Rezka Aufar dari Collective Intelligence Agriculture membagikan informasi seputar perkembangan penggunaan big data untuk mendukung agrikultur Indonesia. Lain halnya dengan cerita yang dibagikan Razi Thalib, Founder dan CEO dari Setipe.com. Razi menceritakan pengaruh teknologi yang memiliki peranan besar dalam memberikan seseorang kesempatan untuk menemukan pasangannya melalui jejaring sosial. Irzan Raditya, CEO dan Co-Founder dari layanan asisten pribadi virtual YesBoss.com, berbagi cerita tentang penggunaan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang dapat dimanipulasi sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah aplikasi bermanfaat bagi para pengguna untuk membantu mengerjakan kegiatan sehari-hari. Lucky Gani dari Microsoft Indonesia membagikan pandangannya bahwa untuk menjadi produktif dalam bekerja tidak harus selalu dilakukan di kantor dan dengan dikembangkannya teknologi cloud, setiap orang dapat melakukan pekerjaannya kapanpun dimana saja. Paruh pertama presentasi pembicara pun diakhiri dengan cerita dari Iman Usman, Founder dan CEO dari Ruangguru.com yang juga seorang penggiat bidang pendidikan dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Iman menceritakan bahwa kebutuhan akan pengajar privat atau tutor yang kian meningkat tidak didukung dengan sistem upah dan penyaluran tenaga kerja yang baik.  Menurut Iman, pendidikan harus dapat dengan mudah dijangkau oleh siapa saja yang ingin mendapatkannya.

Paruh kedua dimulai kembali dengan cerita dari Imanzah Nurhidayat, Founder MakeDonia Makerspace & Innovation Hub yang menceritakan pentingnya sebuah inovasi dalam penggunaan teknologi masa kini. Imanzah menjelaskan bahwa Indonesia dalam segi inovasi masih beberapa langkah dibelakang Negara Asia lainnya. Imanzah atau yang lebih dikenal sebagai ‘Iboy’ menjelaskan bahwa inovasi yang solid harus pula didukung dengan ide yang matang.

Agus Sampurno, seorang guru kreatif  menceritakan manfaat teknologi guna meningkatkan proses belajar di sekolah baik itu untuk siswa maupun guru baik itu dengan metode BYOD (bring your own device) atau belajar online.

Adriano Niro, seorang engineer dari Dyson, sebuah perusahaan teknologi perangkat rumah tangga dari Inggris, menceritakan pentingnya untuk ‘menantang konvensi’ agar senantiasa melahirkan inovasi-inovasi yang mampu mengakomodasi gaya hidup yang semakin dinamis.

Pecha Kucha Night Jakarta pun ditutup dengan cerita dari Cipluk Carlita mewakili Twitter Indonesia. Cipluk menceritakan penggunaan teknologi sosial media yang saat ini menjadi salah satu kanal utama informasi masyarakat Indonesia dan dunia. Segala data dan informasi yang hadir di sosial media tentunya bisa diolah sedemikian rupa untuk kebaikan masyarakat, misalnya melalui kurasi dan pemetaan informasi digital untuk penanggulangan bencana hingga inisiatif yang mendukung usaha kecil menengah.

Berikut rangkuman dokumentasi yang berhasil kami abadikan di Pecha Kucha Night Jakarta Vol.24: Technopolis

This slideshow requires JavaScript.

Untuk melihat dokumentasi selengkapnya, silakan bergabung di Facebook Group Pecha Kucha Jakarta.

Terima kasih kami ucapkan kepada para presenter dan hadirin yang sudah hadir di Pecha Kucha Night Jakarta Vol.24: Technopolis.

Terima kasih atas dukungan @america sebagai official venue partner Pecha Kucha Night Jakarta Vol.24 dan Microsoft Indonesia selaku pendukung acara, juga kepada detikInet, TechinAsia serta Gadget+ selaku media partner.

Tidak ingin tertinggal event Pecha Kucha Night Jakarta berikutnya? Ikuti terus kabar terbarunya di akun Twitter @pechakuchajkt.
Sampai jumpa di edisi Pecha Kucha yang akan datang!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s