foto2

[EVENT REPORT] Pecha Kucha Night Jakarta Vol.23 Altitude

Pecha Kucha Night Jakarta yang ke-23 telah berhasil diselenggarakan di Es Teler 77 Adityawarman, pada 16 September lalu. Acara berjejaring kreatif yang diadakan tiap tiga bulan ini, diselenggarakan oleh Maverick selaku pemegang lisensi resmi penyelenggaraan Pecha Kucha Night untuk kota Jakarta.

Di volume yang ke-23, Pecha Kucha Night mengangkat tema Altitude, tema yang didedikasikan khusus bagi para penggiat dunia kedirgantaraan Indonesia, baik praktisi professional maupun komunitas pecinta aviasi, berkumpul di malam tersebut untuk mendengarkan sembilan pembicara berbagi cerita dan pengalaman mereka dalam menekuni dunia aviasi.

Ada kisah dari Yusuf Budi, Direktur dari International Virtual Aviation Organization, yang mulai menekuni hobinya sebagai pilot virtual berawal dari bermain aplikasi penerbangan offline. Lain lagi cerita dari Fahmi Pahlevi, pendiri Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI). Fahmi berbagi kepada Pecha Kuchers mengenai kegunaan drone secara luas, mulai dari untuk keperluan fotografi, aerial video, serta pemetaan, yang bertujuan untuk membantu pemerintah memajukan pariwisata di Indonesia. Kemudian Arif Munandar yang mewakili Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bercerita mengenai fungsi meteorologi bagi penerbangan mulai dari pengamatan sampai ke produk meteorologi untuk penerbangan. Selain itu, ada juga duo Indonesian Scale Modellers Society (ISMS), Peter Nur Asan dan Andreas Ardian Pramaditya, yang menceritakan konsep dibalik ISMS yang tidak hanya memainkan model kit pesawat, tetapi juga menjadi modeler untuk diorama penerbangan hingga tampak seperti aslinya. Mereka sudah banyak berkolaborasi dengan museum hingga pihak militer, lho!

Salah satu pembicara yang paling ditunggu adalah Gerry Soejatman, seorang pengamat dan ahli aviasi menceritakan pentingnya instruksi keselamatan oleh awak di pesawat. Gerry percaya hal tersebut merupakan aspek krusial untuk mengurangi tingkat kecelakaan pesawat. Cerita lain juga datang dari Jeff Prananda, seorang fotografer spesialis aviasi di Indonesia. Jeff pengalamannya sebagai seorang fotografer aviasi serta wadah yang ia dirikan bagi para penikmat fotografi aviasi yakni Ikatan Fotografi Aviasi Indonesia (IFAI). Hadirin Pecha Kucha dibuat terkesima saat Jeff memaparkan persiapan para fotografer aviasi termasuk cek kesehatan, memahami teknis keselamatan hingga memakai perlengkapan yang sama dengan pilot. Ada pula Dicky Asmoro yang membagikan perjalanan organisasi yang digelutinya yakni Angkasa Readers Community (ARC), mengenai kegiatan dan kiprahnya di dunia dirgantara dan produk yang dihasilkan oleh komunitas ini. Kisah terakhir datang dari A. Toos Sanitioso (Whitesky Aviation), yang mengilustrasikan beban kerja seorang pilot dilihat dari sisi psikologis.

Berikut cuplikan dokumentasi yang berhasil kami abadikan di Pecha Kucha Night Jakarta edisi aviasi kali ini.

Screen shot 2015-09-29 at 9.20.56 AM

foto5

foto4

foto3

foto6

foto7

foto1

Untuk melihat dokumentasi selengkapnya, silakan bergabung di Facebook Group Pecha Kucha Jakarta.

Terima kasih kami ucapkan kepada para presenter dan hadirin yang sudah hadir di Pecha Kucha Night Jakarta Vol.23: Altitude.
Terima kasih kepada Es Teler 77 atas kolaborasinya sebagai penyedia venue Pecha Kucha Night Jakarta Vol.23 dan juga kepada para pendukung acara malam itu; Airbus, Eurofighter Typhoon, Bank Mandiri, serta Hitsss.com selaku media partner.
Tidak ingin tertinggal event Pecha Kucha Night Jakarta berikutnya? Ikuti terus kabar terbarunya di akun Twitter @pechakuchajkt.
Sampai jumpa di edisi Pecha Kucha yang akan datang!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s