Kreativitas Tidak Mengenal Batas – Pecha Kucha Jakarta Volume 9

Menurut definisi Kamus Bahasa Indonesia, kreativitas berarti kemampuan untuk mencipta sesuatu yang baru dan belum pernah ada. Namun, kreativitas juga memiliki definisi lain yaitu menciptakan sesuatu yang baru dari yang sudah ada.

Kreativitas berbanding lurus dengan antusiasme dan gairah. Ketika kita merasa antusias dengan apa yang kita lakukan, menyenangi apa yang kita kerjakan, maka lebih mudah kreativitas-kreativitas itu muncul. Tapi jika kita terbeban, jangankan menjadi kreatif, melakukan pekerjaan sehari-hari saja tentunya sudah dirasa sangat berat.

Kreativitas juga tidak mengenal batas. Usia, jenis kelamin, pekerjaan, lokasi geografis, dan yang terakhir, teknologi, bukan merupakan halangan bagi seseorang untuk menjadi kreatif. Perkembangan teknologi yang sedemikian pesat pastinya juga mendukung semakin berkembangnya kreativitas seseorang, karena pada hakikatnya, teknologi diciptakan untuk membantu mempermudah kehidupan manusia.

Ketika antusiasme dan gairah serta teknologi bersatu, hasilnya adalah kreativitas yang beragam, lahir dari orang-orang dengan latarbelakang ketertarikan yang berbeda. Sebelas diantara orang-orang yang selama ini menggeluti dunia kreativitas dan digital hadir sebagai pembicara di Pecha Kucha Jakarta Volume 9 yang berlangsung Kamis, 7 Juli 2011 di Jakarta Convention Center (JCC). Pecha Kucha kali ini sedikit istimewa karena menjadi bagian dari acara Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2011 yang didukung oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Ke-11 pembicara itu adalah:

  1. Marlin Sugama (Main Studios)
  2. Vincentius Hening (Agate Studio)
  3. Anto Motulz (comic artist)
  4. Dien Wong (Altermyth)
  5. Ramadona Samita (Komodoz)
  6. Kris Antoni (Toge Productions)
  7. Wahyu Aditya (Hello Motion Academy)
  8. Iqbal Aribaskara (Komikoo.com & Oray Studios)
  9. Eko Nugroho (Kummara)
  10. Oddie Frente (Fiksimini)
  11. Daniel Prasatyo (Jejakubikel)

Berbekal dengan kesukaannya sebagai penulis untuk digital content, Marlin Sugama kemudian mulai merambah ke dunia animasi dan mendirikan Main Studios. Salah satu tokoh andalannya, Hebring mampu meraih beragam penghargaan, seperti dua kali pemenang Indonesia ICT Awards dan terpilih karyanya oleh Stan Lee dan Todd McFarlene, serta menjadi nominasi Suzzane Awards Amsterdam. Awal perjalanan karirnya pun sangat sederhana. “Saya ingin menjadi penulis karena saya ingin melihat orang lain tersenyum ketika melihat hasil karya saya,” ujarnya.

Lain lagi dengan Eko Nugroho. Berangkat dari ketertarikannya untuk mempopulerkan kegiatan bermain bukan hanya bagi anak-anak, namun juga orang dewasa, kini komunitas Kummara telah memiliki beragam kegiatan yang melibatkan banyak pihak. Agenda terdekat mereka adalah menggelar arena bermain terbesar di Indonesia yang akan berlangsung di Lapangan Sabuga, Bandung. “Dengan bermain, kita dapat belajar mengenai banyak hal, mulai dari mentaati peraturan, menghormati teman, dan lain-lain,” ujar Eko.

Dien Wong (Altermyth)Dien Wong (Altermyth). Berangkat dari hobinya terhadap games, ia kemudian bersama teman-teman mengembangkan permainan-permainan digital di berbagai medium, salah satunya adalah telepon genggam. Salah satu pencapaiannya adalah dia berhasil memperoleh pemasukan sebesar Rp500 juta per bulan sepanjang tahun 2009.

Pembicara diatas diprofilkan didalam tulisan ini bukan berarti mereka terbaik dari seluruh pembicara, namun mereka hanya contoh dari bagaimana kesebelas pembicara Pecha Kucha Jakarta kemarin telah mampu menyedot perhatian pengunjung PPKI.

Persamaan latar belakang diantara pembicara di industri digital kreatif tidak semerta-merta menyebabkan mereka menjadi pesaing satu sama lain. Justru dengan adanya keberagaman ide telah memperluas arti dari kreativitas itu sendiri.

Sebagian pembicara Pecha Kucha Jakarta Volume 9

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s