Ketika Digital dan Kreatifitas Berbaur

Dunia kini memasuki revolusi teknologi besar-besaran menuju penggunaan teknologi digital. Dalam fotografi misalnya, kamera film mulai terasing dan ditinggalkan karena kamera digital menawarkan spesifikasi yang jauh lebih maju, praktis, efisien dan murah. Penggunaan pita kaset dalam dunia musik pun sudah mulai tertindas seiring munculnya format MP3 yang dapat menghasilkan suara yang jauh lebih jernih dan penyimpanan data (data storage) yang jauh lebih besar.

Industri kreatif sebagai sebuah industri yang sangat dekat dengan perkembangan teknologi pastinya juga sudah mulai merasakan kenyamanan-kenyamanan yang disuguhi oleh teknologi digital. Eksplorasi yang dilakukan oleh industri kreatif terhadap fasilitas-fasilitas teknologi digital akhirnya memunculkan teknik-teknik, sistem, dan aplikasi-aplikasi baru yang sebelumnya tidak terpikirkan. Sisi positif lain yang diciptakan terhadap industri kreatif atas adanya perkembangan teknologi digital adalah semakin banyaknya jenis-jenis industri kreatif yang bermunculan, meskipun ada beberapa diantaranya yang pengembangan dari industri yang sudah ada sebelumnya.

Fenomena ini juga terjadi di Indonesia. Dalam hal kreatifitas, Indonesia tidak kalah dibandingkan negara-negara lainnya. Sebagai sebuah negara dengan penduduk keempat terbesar dunia, Indonesia memiliki orang-orang kreatif dari beragam industri yang tersebar di seluruh pelosok tanah air. Bukan hanya berhasil di dalam negeri, banyak diantara mereka yang mengharumkan nama Indonesia di ajang-ajang internasional.

Pecha Kucha sebagai forum networking beragam orang dan latarbelakang yang bertujuan memberikan inspirasi, dalam penyelenggaraan volume ke-9 mengambil tema “ID Kreatif”, secara khusus menampilkan pembicara-pembicara yang selama ini berkecimpung di dunia digital dan kreatif. Dalam penyelenggaraan kesembilan, Pecha Kucha Jakarta menjadi bagian dari acara Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI), sebuah kegiatan tahunan yang tahun ini mengambil tema “Indonesia Kreatif, Indonesia Mandiri” menampilkan 14 subsektor industri kreatif dengan fokus terhadap Digital dan Content Industry. PPKI sendiri akan berlangsung mulai tanggal 6-10 Juli 2011.

Catat tanggalnya:

Kamis, 7 Juli 2011

19.00 – 22.00 WIB

Panggung Kreatif

Main Lobby – Jakarta Convention Center

Menampilkan 14 pembicara:

  1. Dien (Altermyth)
  2. Vincentius Hening (Agate Studio)
  3. Eko Nugroho (Kummara)
  4. Romadona Samita (Komodoz)
  5. Kris (Toge Production)
  6. Simon (Sangkuriang Studio)
  7. Wahyu Aditya (Hello Motion Academy)
  8. Marlin Sugama (Main Studios)
  9. Anto Motulz (Comic Artist)
  10. Dewi Ratri (Infinite Frameworks)
  11. Rofiq (K-Deep Animation)
  12. Iqbal Baskara (Komikoo.Com & Oraystudio)
  13. Oddie (Fiksimini)
  14. Daniel Prasatya (Jejakubikel)

Acara ini GRATIS dan terbuka untuk umum. Jadi, jangan sampai ketinggalan ya.

2 thoughts on “Ketika Digital dan Kreatifitas Berbaur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s